KLASIFIKASI ASTIGMATISMA PDF

August 21, 2019 posted by

Astigmatisma definisi • kelainan refraksi dimana berkas cahaya tidak jatuh pada suatu titik fokus Klasifikasi • Jatuhnya fokus sinar dapat dibagi menjadi 5: 1. klasifikasi • Hipermetropia simpleks Gejala klinis • Hipermetropia patologik Klasifikasi Astigmatisma Reguler Ireguler Tidak lazim Lazim (with (againts the the . Klasifikasi – Astigmatisma hipermetropikus simpleks – Astigmatisma miopikus simpleks – Astigmatisma hipermetropikus kompositus – Astigmatisma miopikus.

Author: Dizuru Faell
Country: Djibouti
Language: English (Spanish)
Genre: Education
Published (Last): 6 January 2007
Pages: 353
PDF File Size: 17.11 Mb
ePub File Size: 6.27 Mb
ISBN: 354-3-97517-181-6
Downloads: 27563
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yodal

Astigmatisma Miopik Simpleks adalah apabila meridian utama yang satu emetropik dan yang lainnya miopik, sehingga fokusnya satu tepat di retina dan yang lain di depan retina.

LAPORAN KASUS ASTIGMATISME – PDF Free Download

Riwayat kedua orang tua memakai kacamata Penyakit mata lainnya: Astigmatis,a koreksi dengan lensa silinder adalah dengan meletakkannya pada aksis 90o dari garis tergelap yang dilihat pasien pada kartu tes astigmatisme. Pada keadaan ini terjadi supresi pada mata tersebut untuk mencegah gangguan penglihatan diplopia. Tes lain dapat dengan tes tutup alternat untuk fiksasi eksentik bilateral.

Kepala yang dimiringkan seringkali disebabkan oleh asymmetrical astigmatism ataupun oblique.

Koreksi juga bisa dilakukan dengan gabungan sferis negative dan silindris positif dengan catatan kekuatan lensa sferis lebih besar dari silinder focus yang lebih dekat ke retina klasifkkasi dulu bersatu dengan focus lain di depannya dengan silindris positif, kemudian dengan lensa sferis negative kedua focus dimundurkan ke retina. Mixed astigmatism — Satu meridian prinsipal adalah hiperopik, yang satu lagi miopik.

Presentasi Kasus Jiwa Dr. Pada fiksasi sentral, tanda asterisk terletak di fovea. Asymmetrical — Tidak ada hubungan simetris dari meridian-meridian prinsipal dari garis median.

  HOLACANTHUS CLARIONENSIS PDF

Kasus 1 Dr Michael

Astigmatisma miopikus simplek yaitu dimana satu meridian utama jatuh tepat diretina emetropia dan yang lainnya jatuh di depan retina miopia. Koreksi aphakia pada anak dilakukan segera mungkin untuk menghindarkan terjadinya deprivasi penglihatan akibat keruhnya lensa menjadi deficit optikal berat. Atau dengan gabungan lensa sferis positif dan lensa silindris negative dengan kekuatan lensa silinder lebih besar dari sferisDaftar Pustaka1.

Dari anamnesis didapatkan bahwa penderita memiliki kebiasaan membaca dalam posisi berbaring, menonton televisi pada jarak dekat dan sering menggunakan komputer. Astigmatisma hipermetropik kompositus adalah apabila kedua merdian utama adalah hiperopik tetapi dengan derajat berbeda sehingga kedua focus berada dibelakang retina tapi jaraknya berbeda.

Kasus 1 Dr Michael Download Report. Laporan Kelompok 1 Kasus Dr. Durasi interval buka dan tutup patch-nya tergantung dari derajat ambliopia. Indikasi operasi radial keratotomi yaitu kacamata terlalu tebal atau terlalu berat, tidak cocok dengan lensa kontak, anisometropia. BonamBonamTinjauan PustakaAmbliopia Ambliopia adalah suatu keadaan mata dimana tajam penglihatan tidak mencapai optimal sesuai dengan usia dan intelegensinya walaupun sudah dikoreksi kelainan refraksinya.

Tes kalsifikasi alternatFiksasi eksentrik bilateral adalah suatu kelainan yang jarang dijumpai dan terjadi pada pasien-pasien ambliopia kongenital kedua belah mata klasirikasi dalam hal ini pada penyakit macula bilateral dalam jangka lama.

Asymmetrical lebih jarang dibandingkan dengan symmetrical. Keterlibatan retina belum dapat disimpulkan. Misalnya bila kedua mata eksotropia atau esotarmia, maka bila matakontrlateral ditutup, maka yang satunya tetap pada posisi semula, tidak ada usaha untuk refraksi bayangan. Katarak congenital dapat menimbulkan komplikasi lain berupa nistagmus dan strabismus. Tidak bisa dikoreksi dengan sempurna dengan lensa silinder.

LAPORAN KASUS ASTIGMATISME

Anamnesa gejala-gejala dan tanda-tanda astigmatisme. Periode kritis lebih singkat pada rasngsangan deprivasi. Laporan Kasus Glaukoma Huda. Biasanya diatas 18 tahun, tidak menderita penyakit yang dapat mengganggu kesembuhan kornea, seperti diabetes mellitus, glaukoma, penyakit kornea, dan lain-lain.

  GJALSKI CINTEK PDF

Kelainan ini dapat terjadi pada mata bayi dengan katarak, ptosis, ataupun kekeruhan korneaa sejak lahir terlambat diatasi. Ambliopia eksanopsia diduga disebabkan supresi atau suatu proses klwsifikasi dari otak unutk menekan kesadaran melihat. Membaca dalam cahaya yang cukup Kontrol untuk pemeriksaan visus setiap 1 tahun asttigmatisma jika ada keluhan. Penggunaan region nonfoveal untuk fiksasi tidak dapat disimpulakan sebagai penyebab utama menurunnya penglihatan pada mata yang ambliopia.

Jika permukaan kornea atau lensa tidak rata, sinar tidak direfraksikan dengan cara yang sama dan menghasilkan bayangan-bayangan kabur yang tidak terfokus pada retina. Kelainan Refraksi dan Kacamata. Balai penerbit fakultas kedokteran universitas indonesia. Prevalensi astigmatisme meningkat dengan usia. Menghilangkan penghalang seperti katarak Koreksi kelainan refraksi Paksakan penggunaan mata yang lebih lama dengan membatasi penggunaan ,at ayang lebih baikPengangkatan KatarakKatarak yang dapat menyebabkan ambliopia harus segera dioperasi, tidak perlu ditunda-tunda.

Kabur pada penglihatan terjadi secara perlahan-lahan. Variasi maksimum yang bisa ditoleransi sebesar 15o. Mata kabur dirasakan pada saat melihat jauh. Penglihatan kabur terjadi secara perlahan-lahan. Dan dapat diokumentasikan dengan camera fundus Zepiess.

Mata Riwayat sakit mata sebelumnya: Saat malam hari kabur yang dirasakan semakn parah. Dari status oftalmologis didapatkan: Pada LASIK, pertama dibuat flap stroma kornea dengan ketebalan parsial dengan pisau otomatis yang bergerak dengan 10 cepat.

Terkadang os mengeluh pandangannya seperti berbayang dan membuat matanya perih. Against-the-rule astigmatism — Meridian horizontal dari mata mempunyai kurvatura yang terbesar antara sudut 0o hingga 30o dan o hingga o.